Pentingnya Mengetahui Tahapan Perkembangan Anak

Setiap orang tua sudah pasti menginginkan anaknya dapat tumbuh secara optimal. Pertumbuhan dan perkembangan anak perlu diketahui oleh semua orang tua bahkan sejak dalam kandungan. Apalagi, tahapan perkembangan anak memiliki indikator yang berbeda sesuai dengan umur anak. Setiap indikator ini berkaitan langsung dengan sisi psikologis anak, motorik, dan perkembangan kepribadiannya.

Sayangnya, tidak semua orang tua paham bagaimana tahapan tumbuh kembang anak. Padahal, ada beberapa alasan penting mengapa perkembangan anak dari bayi hingga dewasa sangat penting untuk diketahui. Selain akan dapat meningkatkan wawasan Anda, tentunya juga akan sangat berguna bagi perkembangan anak itu sendiri. Oleh karena itu, dalam artikel ini akan disampaikan beberapa manfaat yang dimaksud. Apa sajakah itu, berikut ulasannya.

Tahapan Pertumbuhan dan Perkembangan Anak

Sebelum mengetahui lebih lanjut mengenai manfaat pengetahuan perkembangan anak bagi orang tua, ada baiknya jika Anda juga mengetahui apa itu tumbuh kembang anak dan bagaimana tahapannya. Dalam dunia medis, tumbuh dapat dipahami sebagai sebuah perubahan yang dapat dilihat dan diukur, salah satunya pertumbuhan fisik anak (tinggi badan, berat badan, lingkar kepala, dan sebagainya). Sementara itu, perkembangan lebih banyak dipahami sebagai bagaimana kemampuan struktur tubuh berubah secara lebih kompleks.

Perkembangan dan pertumbuhan anak dapat dilihat semenjak anak masih kecil atau bahkan sejak dalam kandungan. Tumbuh kembangnya anak dapat dipengaruhi oleh berbagai hal internal dan eksternal, baik dari segi makanan/nutrisi, gen, usia, hingga jenis kelamin. Adapun tahap pertumbuhan dan perkembangan anak sejatinya dapat dibedakan sesuai usianya, baik dalam triwulan pertama, hingga tahun-tahun berikutnya. Perkembangan yang dimaksud tentunya yang berkaitan dengan perkembangan motorik, fisik, psikologis, verbal, hingga kognitif.

Memahami dan Mengerti Perkembangan Diri Anak

Dengan mengetahui tahapan perkembangan anak, Anda sebagai orang tua akan mengetahui bagaimana perkembangan buah hati. Tentunya, Anda juga akan menyesuaikan diri dengan berbagai hal seturut dengan tumbuh kembangnya, misalnya dari segi perhatian, edukasi, hingga mengetahui secara dini apakah ada gangguan pertumbuhan yang dapat menghambat perkembangan anak.

Dari segi perhatian mengenai tumbuh kembang anak, tentunya anak yang usianya masih 3 bulan akan berbeda perlakuan dengan anak yang berusia 1 tahun. Baik dari segi makanan, pakaian, dan sebagainya. Dengan mengetahui tahapan perkembangan ini, maka Anda sebagai orang tua justru akan semakin tahu bahwa rewelnya bayi dan balita tentu berbeda dan dapat mengatasinya.

Begitu pula jika yang dihadapi adalah beberapa hambatan yang dapat mengganggu proses tumbuh kembang anak. Misalnya jika anak Anda belum bisa berjalan padahal sudah hampir berumur 2 tahun, tentu saja hal ini perlu diketahui penyebabnya. Dengan mengetahui tahapan perkembangan anak yang standar, berbagai hambatan dan gangguan ini dapat diketahui sejak dini supaya jika diperlukan penanganan dapat segera dilakukan.

Edukasi Optimal Terhadap Anak

Tumbuh kembang anak akan berjalan secara optimal apabila sebagai orang tua Anda juga mendapatkan edukasi yang cukup dan memadai. Akan sulit jika Anda tidak mengetahui banyak hal yang berhubungan dengan tahapan perkembangan anak, sebab dengan demikian maka Anda seakan tidak peduli. Padahal, anak membutuhkan perhatian yang jauh lebih besar sehingga pertumbuhan dan perkembangannya dapat terpantau secara langsung. Dengan demikian, anak akan tumbuh secara baik dengan disertai perkembangan yang pesat.

Itulah beberapa hal yang berkaitan dengan pentingnya orang tua memahami wawasan mengenai tahapan pertumbuhan dan perkembangan buah hati. Semoga senantiasa menginspirasi!

Share Button